Selasa, 15 November 2011

Penggunaan Program Grafis Berbasis Bitmap

1.Contoh program grafis bitmap ialah Adobe photoshop CS2.




  1. Mengaktifkan program Grafis Bitmap Adobe Photoshop CS2 
    • Klik Start menu pada Taskbar
    • Arahkan mouse pada All Programs
    • Klik Adobe Photoshop CS2
    • Kemudian akan muncul lembar kerja Photoshop CS2


Lembar Kerja Photoshop CS2

Berikut ini komponen – komponen dalam lembar kerja Photoshop CS2:
  1. Title Bar
Sesuai namanya, Title Bar berfungsi untuk menampilkan judul file aplikasi yang sedang aktif. Dalam Title Bar akan di tampilakan nama file berserta ektensinya.
  1. Menu Bar
Menu Bar atau disebut juga menu Pull Down yang terdapat pada program aplikasi Photoshop CS2.Cara mengaktifkannya dengan menekan tombol kiri pada mouse 1 kali ( klik ) atau dengan keyboard, yakni menekan tombol Alt + huruf yang digaris bawahi.Misalnya, untuk mengaktifkan menu file adalah dengan menekan tombol Alt + F
  1. Option Bar
Merupakan pilihan tombol yang ditampilkan untuk melengkapi pilihan pada Toolbox. Tampilan Toolbar akan berubah secara dinamis seiring dengan Tool yang digunakan.
  1. Palette
Photoshop CS2 menyediakan fasilitas palette yang berfungsi untuk memantau, mengatur, dan memperbaiki gambar.
Jenis –jenis palette:
  1. Navigator Palette
  2. Info Palette
  3. Color Palette
  4. Swatches Palette
  5. Style Palette
  6. History Palette
  7. Actions Palette
  8. Layers Palette
  9. Channels Palette
  10. Paths Palette

Sumber: http://heninatalia20.blogspot.com/2011/11/program-grafis-berbasis-bitmap.html

    .Mode Warna pada Gambar
    1. RGB (Red, Green, Blue): Persentase yang sangat besar dari spektrum yang terlihat dapat direpresentasikan dengan mencampur merah, hijau dan biru (Red, Green dan Blue) yang diberi warna terang dalam berbagai proporsi dan intensitas. Dengan mencampur warna merah, hijau dan biru akan menciptakan warna putih. 0Ieh karena itu model RGB juga disebut dengan additive colors (warna campuran).
        
    2. Bitmap Mode: Mode ini menggunakan satu dari dua nilai warna (hitam atau putih) untuk merepresentasikan pixel ke dalam image. Image dalam mode Bitmap biasa disebut dengan Bitmapped 1 bit karena image tersebut memiliki kedalaman bit sebanyak 1.
        
    3. CMYK (Cyan, Magenta, Yellow, Black): CMYK didasarkan pada kualitas penyerapan cahaya dari tinta yang dicetak pada kertas. MisaInya, warna putih terang menyebabkan tinta menjadi tembus pandang, sebagian dari spektrumnya diserap, dan yang lainnya K pada CWK direfleksikan kembali menuju mata.
         
    4. Grayscale Mode: Mode ini menggunakan lebih dari 256 bayangan abu-abu. Setiap pixel dari sebuah image dengan mode grayscale mempunyai nilai kecerahan (brightness) dengan range 0 (hitam) sampai 255 (putih). Nilai grayscale juga dapat diterapkan dalam persentase dengan 0% adalah putih, dan 100% adalah hitam.
      5. Duotone Mode: Mode ini menggunakan 256 warna. Pada saat mengkonversi menjadi indexed color, Photoshop akan membuat CWT (Color Lockup Table) yang menyimpan dan mengindeks warna dalam sebuah image. Apabila ada sebuah warna dalam image aslinya tidak muncul pada tabel, program akan memilih warna yang terdekat dengan warna tersebut, atau mensimulasikan warna dengan menggunakan warna yang telah tersedia.
       
      Sumber : http://ym-tutorial.blogspot.com/2011/02/mode-dan-model-warna-pada-aobe.html

      Tidak ada komentar:

      Posting Komentar